MASTERS! (Part 3)

Hi you! Selamat Pagi, Siang, atau Malam tergantung jam berapa anda membaca post ini.

Kembali lagi dengan gue Aul di Masters the series hehehee...

Kali ini gue akan membahas tentang kuliah S2 gue, hmmm, tapi gue gak bakal jelasin yang sampai rinci banget sih, tapi kaya ngebandingin dengan kuliah S1 gue, supaya ada gambaran aja gitu.

Anyway, gue nulis ini sambil dengerin lagunya Natasha Beddingfield - Unwritten. Hasil nyomot dari playlistnya flatmate gue wkwkwk. Lyrics nya keren banget sih ini.

Ok, So let's go!

Perbedaan yang paling kerasa antara S2 di sini dan S1 gue adalah waktu belajarnya. Waktu S1, gue sangat disibukan dengan praktikum, laporan, dan organisasi. Akan tetapi, kalau S2 ini waktu gue dihabiskan untuk belajar, nugas, volunteering, dan Groceries Shopping wkwkwkwk.

Waktu S1 selepas ospek kelar, rutinitas gue pasti penuh sama rapat sampai jam 2 pagi, ngerjain laporan sampe jam 5 pagi, makrab di Sabtu Minggu nya, kepanitiaan, kuliah, gituu terus muter. Belajar palingan waktu mau UTS sama UAS doang wkwkwkwk.

Betul kan? hayoo ngaku. Pokoknya S1 itu sangat fokus sama organisasi. Baru setelah deket skripsian gue banyakin kegiatan Volunteering. Belajarnya dikit banget.

Kalau di sini beda. Sebelum kuliah gue diwajibkan untuk membaca reading list yang isi nya itu Jurnal minimal 2 (dikasih Jurnalnya sama dosen nya, jadi kita tinggal download terus baca gitu). Gue pernah sekali gak baca reading list nya, dan langsung masuk kuliah. Asli kapok gue setelah itu, kenapa? karena pas diskusi kelompok di kelas, gue langsung diem gak ngerti apa-apa, karena emang diskusinya berdasarkan jurnal itu. Sejak saat itu gue mengupayakan untuk membaca jurnal sebelum masuk kelas.

Jurnalnya juga beda sama Jurnal penelitian ya guys. S1 gue kan pertanian, jadi gue terbiasa pakai Jurnal penelitian gitu yang isi nya ada cara kerja, hasil penelitian, kesimpulan gitu2. Kalau ini Jurnal, tapi isi nya text semua. Jadi ya gitu...

Sistem Kuliah di sini beda juga sama S1. Kalau S1 kuliah itu kan kaya duduk merhatiin dosen, sama sesekali ada lah diskusi nya, tapi kalau S2 ini, ada beberapa matkul yang iya sama kaya S1 itu tapi sebagian besar kita duduk perkelompok, dan ya diskusi. Dikasih case study, atau bahas reading list sebelumnya, terus ya diskusi. Jadi beda banget banget banget sama S1.

Waktu gue di sini juga habis untuk belajar, belajar, dan belajar. Sebelum masuk kuliah selain baca reading list gue usahain juga ngerangkum apa yang gue pelajarin di minggu sebelumnya. Gue juga ikut organisasi di sini sih, tapi gak sampe yang jam 2  pagi baru pulang (boro-boro jam 2, gue jam 8 malem jalan kaki sendiri aja udah serem cuy), karena fokus gue di sini kalau kata bokap gue adalah untuk 'explore'. Explore the UK (travelling), dan Explore your future. 

Jadi gue udah gak terlalu fokus untuk organisasi lagi di sini, masih ikut, cuman gue gak mau terlalu sibuk di situ juga. Emang jurusan masters gue sangat menuntut gue untuk mencari networking, cuman sekarang gue lebih fokus ke belajar, volunteering, sama kalau bisa udah mulai cari kerja dan pengalaman gitu-gitu.

Gitu... tapi overall, Masters itu seru sih, apalagi ketika jurusannya adalah apa yang gue pengenin, jadi seneng-seneng aja gitu jalanin nya 😁.

I think that's it! See ya on the next post!





Komentar

Postingan Populer