7 Things I Love About Ramadhan

Hai! selamat Pagi, Siang, atau Malam tergantung jam berapa anda membaca post ini. 

Kembali lagi dengan gue Aul di blog kita tercintah ini, wohooo

Pertama-tama gue mau mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi anda yang menjalankan, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT, aamiin.

Sesuai dengan judulnya, kali ini gue mau bercerita tentang hal-hal apa aja sih yang gue suka dari Bulan Ramadhan. 

Gue nulis post ini sambil dengerin lagunya Jung Joon Young - Fiancee (Live Ver) , omg, nih lagu... nih lagu... seriusan lo harus cari translate lirik lagunya. It's the sweetest song i ever heard. Salah satu lagu Propose terbaik setelah Yovie and The Nuno - Janji suci. Wakakakaka (and btw, gue ngeliat temen cowok segeng gue nyanyi janji suci pas karaokean bareng, bikin gue merinding asli). 

Back to the topic

Disini gue akan menjelaskan hal-hal lain yang gue cintai dari Bulan Ramadhan, selain tentu saja pahala berlipat ganda, malam Lailatul Qadar, etc. Ini lebih kepada generalnya. sooo jangan protes dan komen negatif dulu ya pembaca kuhh, karena yang akan gue jelaskan ini bukan berkaitan dengan Pahalanya, tapi lebih ke generalnya, lebih ke keadaannya. Ok? . tuh kan ampe dua kali gue tekenin gitu, hummmm.

Ok, so let's go,

1. Ramadhan means 24 hours rame
    Untuk pejuang pulang jam 3 Pagi kaya gue, gue tau persis gimana sepinya jam 3 pagi di daerah kostan gue. Tapi lain cerita kalau bulan Ramadhan, ruame (setidaknya banyak manusia berkeliaran daripada makhluk lain yang berkeliaran, ngengat maksudnya). Pada nyari sahur, jadinya gue gak harus buru-buru buka gembok lah, masih bisa leyeh-leyeh dikit lah di luar gerbang (ngapain ul, leyeh-leyeh di luar jam 3 pagi ?).

2. Banyak yang jual makanan di atas jam 5 sore
    Ini pemandangan yang gue suka pas ramadhan, Jalanan penuh sama orang yang jualan, terlebih khusus jualan takjil.  Kayanya kangen aja gitu ya setahun sekali ngeliat jalanan rame sama orang jualan dan orang yang beli juga. Apalagi kalau tiba-tiba gue ngidam makan bubur sumsum tinggal milih aja gitu mau beli di bakul (orang yang jualan/ kios) yang mana.

3.  Toleransi bisa lemes dikit
     Ini biasanya berlaku pada saat praktikum dan kuliah. Terlebih kuliah sih sebenernya. Biasanya pemandangan kelas itu anak-anak pada lemes semua bahkan sampe tidur dan itu (biasanya) dimaklumi (sebenernya gak harus nunggu puasa juga banyak ya pemandangan mahasiswa yang tidur waktu kuliah :v) .

4. Toleransi beda agama
     Pemandangan ini yang gue suka banget sih di era yang lagi parah banget toleransinya. Ketika Ramadhan tiba, jelas banget gimana orang-orang saling menghormati perbedaan. Contoh simplenya aja, ketika lagi kumpul bareng. Biasanya yang non-is jarang membawa minuman atau makanan demi menghormati yang lagi puasa. Begitu juga kalau ada yang bawa minuman atau makanan, yang muslim pun juga menghormati mereka yang tidak puasa dengan memperbolehkan mereka makan atau minum. Like dude, it's okay, kita itu gak baru puasa satu tahun doang kan? and heyy tidak bisakah kita terus hidup damai berbarengan seperti ini? kan enak diliatnya.

5. Kindness is everywhere!
    Gimana orang berlomba-lomba berbuat kebaikan ketika bulan Ramadhan adalah pemandangan yang asli touching abis. Gimana orang membagikan nasi bungkus gratis (ini serius! gue liat pas gue mau ngisi bensin magrib-magrib) di lampu merah buat pengendara mobil dan motor. Gak pandang doi siapa, agamanya apa, orang yang punya atau gimana. Gimana orang membagikan takjil, sahur gratis tis tis tis buat pemulung, tukang sapu jalan, tukang becak, dan masih banyak lagi. Ngeliat gimana wajah kaget dan seneng mereka setelah dikasih makan itu. Like seriously, secara otomatis kita juga ikut senyum gak sih ngeliat itu?.
Sebenernya kalau kasus kasih-kasih makanan gratis ini gak gue temuin pas bulan puasa aja sih, gue juga sering nemuin orang-orang ngasih makan siang ke pemulung tua yang kebetulan lagi lewat. I'd like to say, thank you for doing that. Karena kamu, the world has become a warmer place.

6. Tarawih = ketemu gebetan
    Hahahahaaa kalau ini pas gue masih ABG (Anak Baru Guede) parahh, jaman-jamannya Delimos masih adaa. Kebetulan komplek gebetan gue (yang gak jadi) sama komplek gue itu deketan. Terus di antara komplek kita cuman ada satu masjid gitu. Jadi no wonder lah yahh kalau Tarawih nya pasti di situ. Waktu itu cuman liat dia dari jauh aja udah seneng banget gitu. Gak disapa sama sekali karena yesss gue terlalu malu dan cemen waktu itu hahahahahaaa (sssssttttt kalau lo tau siapa yang gue maksud diem-diem aja yeee, awas lu kalau tiba-tiba sebut nama di comment di bawah). Seiring berjalannya waktu, gue juga udah pindah rumah pas gue kelas 12, terus pada akhirnya gue menetap di Purwokerto membuat gue lupa 'tradisi' itu. Kalaupun ada gebetan, gue biasanya tinggal terpisah sama dia (ya iyalah belom muhrim coyyyyy). Jadi sekarang gue kalau Tarawih itu Insha Allah karena Allah SWT kokkk, bukan karena mau ngeliat siapa lagi wkwkwkwk.

7. Idul Fitri sebentar lagiiiii
    Coba tebak... apa hal yang dari kecil gue suka banget dari Idul Fitri? bukannn, bukan ampao nya (walaupun iya sih gue juga suka), bukannn, bukan opor dan ketupatnya (walaupun masakan opor nyokap is the best opor i ever eat, gak ada yang seenak ituu asli). Nyerah? jawabannya adalah... malam takbiran!!!!. Sedari kecil setiap malam takbiran, bokap selalu ngajak sekeluarga buat keluar rumah dan jalan-jalan gitu (sambil takbiran versi DJ of course). Sekedar buat ngeliat lampu di Jalan Sudirman, Thamrin, Bunderan HI, Diponegoro (anak Jakarta 90-an pasti tau gimana tuh jalan jaman dulu banyak lampu warna-warni), atau sekalian bagiiin sembako buat orang yang lagi bekerja di malam takbiran. Like seriously, serius dehh... ini aja gue speechless nulisnya. Ngebayangin, ahhhh gue pengen pulanggg jadinyaaaa (dilema anak perantauan yang lagi penelitian).

That's it! sebenernya masih banyak hal-hal yang gue cintai dari Bulan Ramadhan, cumann kayanya nih dashboard gak bakal muat. Jadi seperti lagunya Miley Cyrus - 7 things i hate about you, akhirnya gue hanya menulis 7 things i love about Ramadhan ;)

p.s. Kalau lo mempunyai hal-hal atau kenangan berbeda selama bulan Ramadhan yang berkesan dan lo suka, boleh share di comment di bawah ini (Asal jangan nyebut nama yang di atas yakk, gue udah gak ada apa-apa sama tuh anak seriusan, udah mbuh lah juga doi kemana wkwkwkwk). No offense and peace. 

Komentar

Postingan Populer