Apa yang Membuat Aku Bertahan Menjadi Seorang Volunteer?

Hai! selamat Pagi, Siang, atau Malam tergantung jam berapa anda membaca post ini. 

Kembali lagi dengan gue Aul di blog ini, udah sebulanan ya ternyata gue gak nulis wkwkwk. Kangen yah kangen yahh ? #pede

Gue nulis post ini sambil dengerin lagunya Jung Jun Young - The Sense of an Ending. Iyee gue tau itu lagu udah lama banget, tapi gue emang lagi suka sama JJY gegara variety show 2Days1Night dan segala video videonya yang nunjukin sifat dia 4D abis wkwkwkwk... ok skip, kalau keterusan bisa-bisa nih post ini isinya tentang fangirling semua, skip.. skip...

Sesuai judulnya, Apa sih yang membuat gue bertahan untuk terus menjadi Volunteer?. 

Jadi gini, tadi malem, gue keluar makan sama sahabat gue. Dasar sama-sama cewek pas ketemu pasti ngobrol (gosip.red). Nah karena lagi gak ada cowok yang bisa digossipin akhirnya kita membahas sesuatu yang lebih berbobot, Volunteering. Secara kita berdua juga satu tim dalam komunitas volunteering gitu. 

Gue cerita semi curhat kalau dalam komunitas kita yang ikut tiap minggunya mulai itu-itu aja. Awalnya banyak tapi sebagian besar hanya ikut sekali abis itu gak ikut lagi. Ternyata sahabat gue ini juga menceritakan kalau dia juga nyaris give up.Tapi dia menceritakan apa yang membuat dia bertahan. Nahhh dari situ gue mendapat inspirasi buat nulis blog ini. Thank to you nne. 

Sampai saat ini gue udah banyak melakukan volunteering. Dari bantuin acara orang sampe di acara sendiri. Gue juga masih bantu ngajar di Paud deket kostan gue (kalau yang suka baca post gue pasti udah sering gue ceritain). Volunteering disini gue gak dapet uang sepeser pun yes. Selain itu, temen gue juga baru membuat sebuah komunitas berbagi ke panti asuhan rutin gitu, dan gue juga adalah salah satu co-founder nya bantu temen gue. Jadi jelas sih itu juga salah satu alasan gue bertahan. Gak lucu kan kalau gue co-foundernya tapi gue juga yang cabut. Tapi bukan itu alasan paling besarnya. Gue bisa aja cabut juga kalau gak ada alasan-alasan ini;

1. Anak-anaknya
    I love kids, so so much. Volunteer yang gue lakuin selama ini gue lakuin emang gak jauh-jauh dari anak-anak sih. Mau acaranya fokus sama bapak-bapak ibu-ibu pasti ujung-ujungnya gue lebih berinteraksi sama anak-anaknya. Ketika bermain dengan anak-anak gue merasa gue hidup kembali. Ngeliat mereka yang jujur abis sama hidupnya, mau nangis ya nangis, mau marah ya marah, gak ditutup-tutupin. Apalagi ketika anak-anak itu memilih gue untuk ngajarin atau bermain dengan mereka. 

So happy to know you girls, may you reach your goals.
(Me, volunteering @ WOWDAY LP 137)

    Apa lo pernah ditolak sama anak-anak, Ul? PASTI. Untuk deketin anak-anak, lo harus lewatin namanya ditolak dulu sebelum anak itu mau deket sama lo coy. Apa gue mundur? nope, gue tau kalau awalnya mereka pasti malu-malu takut (namanya juga anak-anak), tapi ketika lo udah deket sama mereka. Behhhhh dicariin mulu gue kalau gak dateng. 

2. Gue dihargai dan dibutuhkan
 Setelah menjalani kehidupan yang ngerasa gue 'dibuang', 'diacuhkan', 'gak dihargai', 'gak berguna' , bisa volunteering dan membuat gue ngeh 'oh gue ternyata berharga', 'oh ternyata gue berguna', ' oh ternyata masih ada orang yang nyariin gue dan butuh gue'... gimana sih rasanya? gue aja gak tau nih ngejelasinnya pake kata-kata rasanya. Ya lu tau lah yah maksudnya? itu lah yang gue rasain.

3. Bisa berkontribusi
  Coba bayangin, ketika lo ngeliat orang yang lo bantu sukses di masa depan. Gue udah ngalamin itu. Bukan... bukan tiba-tiba ada mantan anak murid gue datengin gue terus bilang dia udah kerja dan sukses gitu, bukan, gue belum selama itu volunteering dan setua itu juga. Tapi ngeliat mantan anak murid lo, pake seragam SD terus dia teriak , MBAA AULLLLLLL!!!! sambil senyum di pinggir jalan pas gue lewat. Asli, gue aja udah lupa nama anak itu siapa *kabur dari gaplokan sendal swalow bekas* tapi gue hapal wajahnya kok. Gue proud banget sih di situ. 
   Lo bisa berkontribusi dalam perubahan hidup orang coy, lo bisa membuat perubahan. Dan inget, konstribusi dan perubahan itu gak selalu tentang uang. Buktinya kalau gue ke panti mana ada gue ngasih duit? paling ngasih nya barang sih, macam komik Donald bebek gue yang udah gue baca berkali-kali dan ternyata mereka pada seneng. Tapi lebih seringnya gue juga cuman bawa badan doang. Ngajarin mereka baca sama mendongeng dari komik Donald yang udah gue baca berkali-kali itu wkwkwk. 



4. Rasanya ada yang hilang kalau gue gak volunteering
  Ini sih alasan yang paling kuat. Rasanya asli ada yang hilang gitu dan kepikiran terusss. Gue merasa berdosa banget karena pernah gak ngajar sebulan lebih karena ngurusin penelitian. Meskipun gue udah bilang sama guru-gurunya kalau gue emang lagi ngurusin penelitian, dan mereka sangat memaklumi bahkan nyemangatin gue biar cepet lulus dan ngasih wejangan belajar dari anaknya yang dulu pernah penelitian dan skripsian juga (baik banget gak sihh), tetep aja gue merasa berdosa abis dah pokoknya.

5. Intention and Commitment
   Gak ada ini, gak jalan semua volunteering gue.

Itu aja sih alasan terkuatnya. Sebenernya masih banyak alasan kenapa gue bertahan, cuman itu yang the bestnya. 

Apa lo gak pernah capek dan pengen istirahat gitu, Ul? Siapa yang gak pernah, bukan manusia itu berarti wkwkwk. Akan tetapi prinsip gue adalah, gue sangat boleh capek, gue sangat boleh istirahat ambil satu-dua hari atau bahkan seminggu full sekalian, tapi gue gak boleh berhenti. Ketika gue udah istirahat dan ternyata gue masih capek, biasanya gue bakal tetap maju meskipun itu harus 'merangkak'. Pasti akan ada hal yang membuat lo berdiri dengan proud di depannya kok. Meskipun iya awalnya lo harus merangkak dulu. Sing penting tetep maju wis lah.

Wagela sih ini gue berasa lagi nge-feedback diri sendiri banget sih ini. Hahahaaa, maap pembaca, authornya baper karena lagi lelah sama penelitiannya wkwkwkwk.

Kalau ada yang nanya (kalau gak nanya juga gak papa), kalau lo udah lulus gimana, Ul? domisilinya kan berubah gak di Purwokerto lagi, selesai dong kegiatan volunteer menvolunteer lo?, yang pasti gue ada rencana sendiri sih buat perpisahan yang di Paud yang gak bisa gue share di sini, tapi insha Allah gue akan pindah tempat volunteering ke tempat dimana gue berdomisili. Tenang... udah gue pikirin kok itu dari jauh-jauh hari, tapi maap gak bisa dishare di sini karena masih sebatas rencana. 

Gitu aja sih, kalau kalian seorang volunteer juga wahh ternyata kita sama! *high five* kalian boleh banget comment di bawah, apa sih yang membuat kalian tetap bertahan untuk terus volunteering. Kata-kata dari kalian bisa menginspirasi orang lain loh, gue salah satunya ;)

p.s. Terakhir, alasan lain, gue mungkin orangnya emang SETIA kali ya XD XD *KABUUURRRRR* No offense and peace.

Komentar

Postingan Populer