Body Shaming , Penelitian, Diet, Weight loss

Hai, Selamat Pagi, Siang, Malam tergantung jam berapa anda membaca post ini.

Kembali lagi dengan gue Aul, yang mau curhat sebenernya...

Jarang-jarang kan gue blak-blakan curhat wkwkwk *terus selama ini itu apa namanya ul?* curcol, curhat colongan :p

Gue nulis ini sambil dengerin lagunya Idiana Menzel - Let It Go di kereta. Yeahhh i'm never feeling old yet whenever i heard this song.

Ok, gue mau cerita tentang sesuatu yang lagi gue alami. Body Shaming. Sebagai seorang wanita yang sejak kecil berbobot lebih, gue udah biasa dipanggil 'gendut' dari kecil. Telinga gue kaya udah kebal gitu dengan panggilan itu. Ditambah, ketika gue kelas 3 SD, gue sempat terselamatkan karena gue masih punya selera makan sedangkan panas badan gue stabil di 39 - 40 derajat celcius selama seminggu. Dokter anak gue bercerita kalau anak-anak lain dengan keadaan kaya gitu bisa masuk ICU, tapi berhubung Spagethi di kantin rumah sakit masih enak (DAN SEKARANG UDAH GAK ADAAA, I'm Like TT- TT) , jadilah gue di kamar perawatan biasa. Meskipun iya sih, dirawatnya seminggu -_-".  Semakin bangga lah gue berbadan gendut wakakaka.

Tapi itu dulu, semua berubah ketika negara... (hayoo siapa yang mikirnya 'api' wkwkwkwk...) semua berubah ketika gue menginjak umur remaja dan mulai melihat teman-teman gue berubah, dan mulai mengenal ada makhluk di muka bumi ini selain perempuan. Yup, cowok.

Dulu gak terlalu berat, gue masih bodo amat dengan berat badan gue, sampai akhirnya ketika usia 18-21 an gue juga mulai mengenal diet, dan pernah berhasil menurunkan 10 kg dalam 3 bulan. Tapi abis itu kena lebaran dan yahh naik lagi 10 kg wkwkwkwkwk (victim story terooooossss).

Singkat cerita, adek gue akhir-akhir ini mengikuti program diet dari tempat fitnessnya, dan sukses besar. Karena sukses besar itu, adek gue mulai mengajak sekeluarga untuk ikut diet juga. Tapi terkadang caranya adalah dengan nyindir. Tbh, gue jealous dengan badan dia yang sekarang terlihat lebih.. cowok? maksudnya untuk anak seusianya, badan segitu cocok lah.

Singkat cerita lagi (iya lahh, mau abis berapa judul kalau gak disingkat-singkat wkwkwk), bokap gue mulai memotivasi gue untuk ikutan kurus, dan ada satu kata-katanya yang... nyakitin sih, tapi kayanya tuh kata emang yang paling dorong gue bahkan nendang kalau perlu "Sebagus apapun prestasi kamu, sebagus apapun karir kamu, sebaik apapun kepribadian kamu, tapi kalau kamu gendut jarang ada cowok yang mau"

ok, untuk orang yang gak ingin menikah buru-buru, kalimat tadi tetep menohok sih. Ditambah, gue dichallenge sama sobat gue, untuk kurus dalam waktu 2 tahun. Jadilah, gue diet nih ceritanya. Untuk orang-orang yang hobbynya diet pasti tau ada suatu efek yang paling dibenci, apakah itu? yup! yoyo effect. Gue mengalami itu, berat badan gue juga sempet gak turun-turun padahal gue udah nyaris gak makan. Gue juga sempet mengalami namanya patah semangat. Sampai akhirnya gue memutuskan... ahhh bodo amat, gue mau jalanin kaya biasa aja.

Matahari terbit. Tiba saatnya gue mengurus yang namanya usulan penelitian, skripsweet dan segala tetek bengeknya. Gue jadi jarang makan karena jam 6 gue harus udah standby di kampus nunggu dosen. Gue jadi tidak mengenal apa itu sarapan, gue hanya mengenal makan siang. Gue juga tidak mengenal makan malem karena setiap malem Purwokerto pasti hujan. Terus gak ada yang ngajak keluar juga, jadilah gue gak makan. Gue juga pernah kaya dapet.. apa ya nama kedokterannya gue gak tau, jadi jantung gue berdetak tidak normal pada suatu malam, sejak saat itu, gue juga milih-milih makanan (percayalah ketika kau mengalami hal tersebut, secara otomatis lo bakal tau makanan apa yang baik buat lo dan yang gak baik buat lo). Padahal pas dicek sama nyokap, gue normal-normal saja. Mungkin obatnya cuman satu, PULANG. wkwkwkwkwkkwk.

Suatu hari gue merasa badan gue emang mengecil, tapi pas gue timbang berat badan gue tetep stabil segitu-gitu aja. Waktu gue ke tempat muay thai gue, trainer gue juga bilang, kalau badan gue mengecil (oh iya, jangan juga lupakan, gue muay thai dua kali seminggu). Gue sih juga merasa badan gue entengan. pas gue pulang pun begitu, nyokap bilang, badan gue mengecil.

Jadilah gue senang! wkwkwkwk

Gue lanjutin kebiasan jelek ini (emang kebiasaan jelek kan? gak sarapan itu jelek banget lohhh). Badan gue emang mengecil tapi kadar happy gue juga mengecil.

Emang sih... ketika bangun tidur dan merasakan badan lebih kecil dari sebelumnya itu happy, tapi kalau mengingat bagaimana gue cuman makan satu kali sehari hari sebelumnya, mikir-mikir juga sih... you know.. untuk orang yang obess, makan itu adalah salah satu kunci kebahagiaan banget sih.

Jadilah gue mulai menolerir...

Gue emang gak lagi merasakan namanya sarapan, tapi gue sekarang merasakan namanya makan malam. Gue mengulangi kebiasaan gue waktu turun 10 kg dalam 3 bulan itu. Yup! tiap malem gue makan capcay rebus! pedes banget. Ini berfungsi untuk mendetoks badan gue di esok paginya.

Akhirnya.... berat badan gue tetep turun, tapi dengan cara yang sehat...

So teman-teman kuh.. kalau mau ngajak Aul makan malem, ajak lah ke tempat yang ada capcay atau sayurannya yak wkwkwkwk

Gitu aja sih, kesimpulannya, bagi gue, body shaming itu bukan suatu kendala untuk berubah atau suatu ancaman, atau setara bully atau apa lah. Untuk gue, body shaming adalah sebuah dorongan buat gue untuk ngebuktiin kalau "ohh gue bisa kok gue berubah sesuai yang lo inginkan, tapi sayangnya gue gak mau, karena gue pengennya berubah karena ada alasan kuat yang membuat gue harus berubah... dan alasannya adalah....

....

gue."


P.S. Temen gue pernah bilang gini ke gue "Jangan pernah merasa harus diet karena seseorang. Karena ketika orang itu akhirnya pergi ninggalin lo, lo akan menyesal, dan mulai mempertanyakan, kenapa gue selama ini harus diet? dan kenapa gue harus lanjutin diet gue" so... tau kan harus ngapain, SEMANGAT! Dieter's soul...

Komentar

Postingan Populer