Belajar Untuk Mencintai #KKNLYFE

Haiiii!!!, selamat pagi, siang, atau malam tergantung jam berapa anda membaca post ini

Kembali lagi dengan gue Aul yang mau ngebahas gimana gue KKN kemaren wohoooo.

Eitsss tapi gue gak bakal bahas gimana desa gue, dan apa aja yang gue lakukan di sana, karena lagi-lagi itu masalah internal men , wkwkwk... tapi seperti cerita gue yang tentang PKL, gue bakal nyeritain tentang gimana gue ngejalanin KKN ini.

Ok, resume dikit, gue menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Pengentasan Kemiskinan. Jujur aja, gue daftar KKN ini langsung sepulang gue dari UK, dan gue nerima pengumuman bakal ada KKN itu tepat sebelum gue menginjakan kaki ke kereta pas mau pulang untuk ke London besoknya. Tapi untungnya gue udah siapin semua berkas persyaratannya, jadi sepulang dari London tinggal gue kumpulin aja (BIG THANKS buat Anne yang udah daftarin KKN aku pas aku di London, lope-lope di udara :*).

KKN-PK ini beda dengan KKN kebanyakan yang dilakukan saat liburan. KKN-PK ini dilakukan sembari kuliah. And yess, ini dilakuin di luar Purwokerto. Gimana caranya, Ul?? ya bolak balik lahh, dua kali seminggu gue harus nyetir motor naik turun bukit (ini serius, bukan istilah doang) buat ke Purwokerto untuk kuliah.  Perjuangan? bangettt

Awalnya berat, bahkan pas survey pertama kali ke sana, gue hampir nyerah saking jauhnya wakakakaa. Tapi gue mikir gini, dulu bokap aja seminggu sekali sanggup Jakarta- Sumedang demi ketemu gue waktu TK, masa gini aja gue gak sanggup?. Lagipula ini juga permintaan bokap yang melihat gue semester ini udah gabut karena kuliah cuman dua kali seminggu, wkwkwk. Akhirnya jadilah gue bagian dari KKN-PK wkwkwk.

Seminggu pertama KKN itu bagi gue... berattttt! ahahahahahaa. Gue adalah tipikal yang sangat workaholic yang berprinsip apapun yang bisa dilakukin hari ini, diselesaiinkan lah hari ini, seakan-akan gak ada hari besok. Nahh, seminggu pertama itu gabut, karena masih sekedar memperkenalkan diri ke masyarakat, dan sosialisasi sana-sini. Belum ada kerja fisiknya. Gue yang workaholic jadi gregetan wakakakaka. Ok, ini emang salah gue nya juga sih yang terlalu ambisius. Ditambah lagi karena pada bolak balik ke Purwokerto juga.

Minggu kedua, jalannya masih menanjak. Gue bahkan pernah ngamuk gemesss sama salah satu temen gue saking gue gregetannya sama dia. wkwkwkwk. Sorry gue gak bakal sebut namanya siapa. Minggu kedua, mulai ada kerja fisik. Mulai keliatan progressnya.

Minggu ketiga, mulai menurun jalannya. Orang yang udah pernah KKN itu pasti bilang, 15 hari pertama itu emang berat, gak betah segala macem, tapi setelah 15 hari itu bakal berasa banget cepetnya. Dan itu bener!. Gue mulai menikmati keadaan yang ada. Dari evaluasi tiap malem yang ujung-ujungnya ngejulid, jalan tiap malem cari makan, gitaran sambil karaokean, tuker-tukeran lipstick, senam momerean sama ibu-ibu warga (katanya gue kalau senam paling heboh sendiri wkwkwkwk), ngajarin anak-anak kecil  matematika yang selalu diakhiri dengan gue yang dites harus jawab pertanyaan mereka pake Bahasa Jawa yang sama sekali gue gak tau walaupun gue orang jawa -_-", dan masih banyak lagi.


Minggu keempat, aduhhh nurun muluuu susah ngeremnyaaa..... cepet banget waktu berlalu...

Minggu Kelima, minggu terakhir. Kita sering tidur bareng, eitssss jangan neting dulu dongg, parah nih neting mulu, dulu pas cerita PKL juga gitu wkwkwk. Kita tidur bareng di ruang tamu iyess kita tidur udah kaya sarden bersembilan wkwkwk. Malam sebelum pemaparan pertanggung jawaban, kita begadang buat bikin powerpoint, dan gue yang jadi bendahara dan gak megang proker tertentu (palingan cuman tensi gratis), bertugas  untuk ngedit video. Gue ngeditnya per bidang, jadi gue memasukan foto-foto apa yang sudah kita lakukan selama 35 hari per bidangnya.

Sambil ngedit gue ngebatin, hampir semua proker per bidangnya udah kita lakuin dan berhasil at least 87% success. Dari yang dulu nya gak ada progress sekarang tinggal menghitung hari. KKN kita bisa dikatakan sukses. Gue ngedit video itu sampe jam setengah 3 pagi, padahal kita pemaparan jam setengah 9.  Akan tetapi, semua itu terbayar ketika gue melihat senyum sumringahnya Dosen Pembimbing Lapang gue, dan tatapan terpukau nya staf Kecamatan. Videonya kaya apa? ada di youtube gue sih, cuman gak gue post karena gue private hehehe.

The last day, gue yang biasanya kalau pamitan sama orang atau di detik-detik terakhir event jarang nangis, di pamitan KKN tangis gue pecah. Gak bakal ada lagi tuh gue nyetir jauhh banget dari Purwokerto ke Posko, gak bakal ada lagi tuh gue yang selalu mojok makanin kerupuk karena gak bisa masak sedangkan cewek-cewek yang lain pada masak, gak bakal ada anak-anak yang manggil KKN tiap kita lewat (serius deh nama gue berubah jadi N selama 35 hari wkwkwk), gak bakal ada lagi tuh ngejulid sebelum tidur sama anak-anak ceweknya ngomongin apapun itu, gak bakal ada lagi tuh, karaokean korea (nyanyi-nyanyi) di motor sambil nyetir.

Gue belajar banyak banget dari KKN ini, salah satunya adalah gue yang harus belajar masak kerupuk karena gosong mulu wkwkwk.

Gue belajar untuk mencintai, tapi ketika sudah mencintai saat itulah gue sadar sudah harus say goodbye... dan itu rasanya... yah bayangkan aja sendiri lah yak

Last but not least, untuk kalian tim KKN kuh, terima kasih untuk 35 harinyaa yang penuh kenangan ini. Meskipun kita jarang full team, tapi alhamdulillahnya kita berhasil mencetak banyak sekali moment, dan KKN kita bisa dikatakan sukses. Untuk definisi masing-masing sifatnya udah aku tulis di surat kalian yak. Maafkan aku yang memang tidak sempurna ini. Aku seneng banget kita masih solid meskipun KKN nya udah berakhir. Semangat tingkat akhirnya, ditunggu kaos sama foto studio nya yakkk wkwkwkwk.

Dari aku

Bendahara yang selalu teriak  "KWITANSIIINYA JANGAN LUPAAAA" wkkwkwkwk.


(Ki-Ka) Lita, Mela, Aul, Tika, Asih, Asys, Bintang, Udin, Aji



p.s. Meskipun kita gak punya theme song KKN, tapi aku punya lagu buat kalian. Superman Is Dead - Jadilah Legenda. Oh iya, videonya nanti yakk nunggu urusan aku kelar semua dulu, dan dalam masa tenang. wkwkwkwk. *kabur dari timpukan azolla

Komentar

Postingan Populer