Saya Memilih untuk Memaafkan

Seberapa sering kamu mempertahankan ego mu, gengsi mu, untuk memaafkan?

padahal dalam hatimu kamu sebenarnya sudah memaafkan tapi kamu merasa gengsi untuk mengakuinya yang akhirnya malah menjadi masalah yang berlarut.

Halo..., selamat pagi,  siang, atau selamat malam tergantung jam berapa anda membaca post ini...


Kali ini gue mau bahas soal pelajaran luar biasa yang gue dapet baru -baru ini. Memaafkan.

"Lo abis kenapa, Ul?" Ceritanya panjang, tapi singkat cerita gue abis slek sama seseorang? atau suatu kelompok? yang anggap lah sama manusia entah itu banyak atau cuma seorang. 

Gue adalah tipikal perempuan yang suka cari perhatian. Gue akuin itu. Sering kali ketika gue berantem sama seseorang sampe diem-dieman gue memilih untuk menunggu. Menunggu dia buat hubungin gue lagi, atau menunggu waktu menjawab gimana hubungan gue sama nih orang selanjutnya. 

Bisa ketebak kan gimana kelanjutannya? baik gue dan dia sama-sama gak ada yang maju, atau kalau dari sudut pandang gue, "Dia gak peka!, padahal gue nunggu dia buat hubungin / minta maaf ke gue duluan :( " Hayoo ada yang merasa sering kaya begitu?? wkwkwkwk. Gimana dia bisa peka, orang dia gak tau maunya gue apa.  Yeah, gengsi gue gede banget untuk hubungin dia. Kebayang kan? masalah yang seharusnya kelar dalam hitungan jam bisa-bisa satu semester baru kelar. 

Gue sering banget kaya di atas, dan gak sadar sering kaya begitu. Sampai akhirnya kemaren setelah satu semester lebih slek, gue mikir. Kok nih masalah gak kelar-kelar, padahal rasa marah gue ke orang ini juga udah memudar bahkan hilang (read : Kok nih orang gak hubung-hubungin gue??, hayooo siapa yang ngerasa sering kaya ginii). Gue merasa gak nyaman banget kalau terus-terusan slek kaya gini. Mau ngapa-ngapain aja salah dan gue selalu memasang topeng depan dia. Dan lo tau kan rasanya pake topeng? pegel! capek!

 Akhirnya gue memutuskan untuk menghubungi orang itu dan memaafkan semua kejadian yang lalu yang bahkan gue lupa masalahnya kenapa kita bisa sampe berantem. Guess what? ternyata orang itu biasa aja ke gue, gak marah, malah seneng banget akhirnya gue bisa kembali. Dan gue merasa diri gue yang asli, balik kembali. Tanpa topeng.

Gue sering banget merasa tau apa yang gue mau. Apa yang bisa bikin gue bahagia. Tau masalah nya kenapa dan solusinya. Cuman gue terlalu egois dan gengsi untuk ngakuin dan memperbaiki itu, Ditambah lagi gue diliat oleh temen-temen gue, apa yang bakal mereka pikirkan? akhirnya ya udah balik lagi, muka topeng, basa basi busuk, padahal bukan ini yang gue mau. Yang gue mau lakukan adalah memaafkan.


So, seberapa banyak dari kalian yang setuju sama cerita gue di atas? seberapa sering kalian seperti itu? jadi sekarang udah tau kan next nya mau ngapain? Kuy lah memaafkan, move on neng, mass, hidup lo masih harus kudu musti maju. Masa stuck di satu titik doang, gak seru ahhh... wkwkwkk


see you next time

Komentar

Postingan Populer