Lost In Jakarta : PART 2

Hai hai back to me Aul yang lagi menahan gimana caranya supaya gue gak pingsan depan nih laptop wkwkwk...

Ok, gue pengen cerita tentang gimana rasanya ngabulin hasrat yang entah kesambet dari mana, pengen ngelilingin Jakarta pake kereta dan Transjakarta.

Semua berawal dari keinginan gue yang pengen buat video perjalanan di Jakarta, kota kelahiran gue. Karena emang target untuk tahun ini gue harus buat minimal 5 video Perjalanan yang mewajibkan gue untuk pergi ke 5 tempat yang berbeda. Tapi sayangnya video Jakarta ini adalah yang paling susah dibuat karena selain bingung pengen nampilin apa aja, gue juga jarang di Jakarta waktu kuliah.

Satu hari, Anne dateng ke Jakarta pas liburan semester dan pengen ke Tanah Abang . Berhubung gue belum di acc buat nyetir sendirian (tanpa ada supir atau bokap gue yang liatin spion kiri sama megangin rem tangan di kiri gue) jadilah gue, Anne, sama Devi jalan-jalan pake commuterline. Pelenya gue, seumur-umur dari gue brojol sampe udah segede ini belum pernah sama sekali naik commuterline. Persetan dengan SMAnya pinggir rel yang tiap 5 menit sekali kedengeran suara kereta juga, yang pasti gue udik banget pas di loketnya.

Anne yang punya e-money dan pernah naik commuterline sama kakaknya, malah jadi guide gue. Gue sampe terkagum-kagum di gerbong karena Pd. Ranji - Tanah Abang yang biasanya bisa menghabiskan waktu berjam-jam di jalan kalau naik mobil, bisa jadi cepet banget ya?? busett... terus di gerbong kan ada petanya gitu kan, dan gue cuma bisa melongo terkagum-kagum ngeliat petanya, busett bisa sampe bekasi dan bogor coyyy *ok, Aul mulai norak*

Pas gue jalan sama Anne, Devi ini gue emang banyak mem-video sesuatu apa yang ada di depan gue. Tapiii pas gue pindahin ke laptop kok kayanya sangat kurang ya, kalau gue paksain jadi juga kaya kurang nyawa gitu. Jadilah gue memutuskan untuk ngadain Lost In Jakarta PART 2 edisi SENDIRIAN! catat! SENDIRIAN!! kenapa gue gak ngajak teman? selain karena ini dadakan, sumpah lo pasti bakal tepar sendiri kalau ngabulin keinginan Aul yang sebenernya gimana wkwkwk

Gue yang kepo sama e-money ngambil e-toll di mobil gue yang gak dipake buat gue top up buat jadi ongkos gue ngelakuin perjalanan ini. Gue nyetir sampe stasiun Jurang Mangu sama supir gue, terus gue turun dan supir gue bawa mobilnya pulang. Nahh ini dia awal mula cerita perjalanan Aul yang dengan muka polosnya gak tau apa-apa nekat buat lost in Jakarta *ba dum thesss*

Kartu e-toll yang selama perjalanan hidupnya belum pernah dipake buat naik kereta, membuat dia gak bisa dipake secara langsung di gate masuk (harus di aktivasi dulu). Thanks buat satpam penjaga gate yang ngajarin gue cara aktivasinya jadi tuh kartu bisa dipake wkwkwk. Akhirnya gue masuk tuh ke Stasiun Jurang Mangu, terus nunggu keretanya gitukan, terus ketika keretanya dateng gue langsung masuk. Gue berdiri aja gitu, sampe Tanah Abang.

Tujuan gue pengen ke Kotu membuat Tanah Abang jadi tempat transit doang dan langsung cuss ke stasiun Manggarai pake kereta lain. Tapi gue juga pengen ke Jatinegara karena selama ini cuma bisa ngelewatin doang setiap pulang atau balik dari/ke PWT. Jadilah sampai Manggarai, bukannya naik kereta ke Jakarta Kota malah naik kereta ke arah Bekasi yang ngelewatin Jatinegara wkwkwk.

Sampai di Stasiun Jatinegara gue jelas shooting, foto-foto, numpang sholat, numpang toilet, terus ngeliat kereta-kereta yang lewat, dan memutuskan untuk balik lagi Manggarai buat lanjut ke Jakarta Kota. Gue naik di jalur 2. Awalnya gue gak ngeh kalau kereta itu tujuan akhirnya Jakarta kota. Pokoknya gue pengen naik sampe Manggarai terus transit ke Jakarta kota, ehh ternyata tuh kereta emang tujuan akhirnya Jakarta Kota. Jadilah gue berdiri dari Manggarai sampe Jakarta Kota sambil shooting dan liatin pemandangan yang buat gue cengoh sekali lagi. Anyway lewat gambir juga lohhh!! sampai ketemu akhir Februari yahhh.

 Sampai Jakarta Kota, untuk sekian kalinya gue terkagum-kagum sama stasiunnya. Aroma Belandanya masih berasa banget.

Rel di Jakarta Kota

Gue foto-foto, shooting, dan yahh ngeliat-ngeliat sampai akhirnya gue harus keluar dari stasiun itu. Pas gue nempelin kartu e-toll tadi di gate keluar, gak bisa lagi! dan gue ngerasa de ja vu plus panik langsung merasuk ke dalam diri gue. Satpam yang jagain gate langsung nyuruh gue buat pindah ke gate sebelahnya dan menempelkan e-toll gue dan Alhamdulillah bisa.

  "Kartunya belum pernah dipake buat naik kereta ya?" tanya si Satpam itu, pertanyaan yang sama seperti di Stasiun Jurang Mangu.
  "Belum," jawab gue
  "Kamu belum pernah naik kereta ya?" Segitu terlihatkah kalau gue newbie dalam hal tranportasi umum begini? "Iya, emang kenapa?" gue tantangin balik.
   "Nanti kamu gak bisa naik kereta lagi, karena kartunya udah ketempel dua kali *gak jelas kata-kata pastinya gimana, karena gue udah terlanjur gondok, kesel, dan udah capek juga kali ya, tapi kurang lebih gue dengernya kaya gitu*"
  "Ohh tapi buat naik Transjakarta bisa kan?" gue, dengan muka nantangin balik
  "Ya bisa sih..."
  "Ya udah." Gue cabut, terserah nih kartu gak bisa dipake buat naik kereta lagi, karena emang gue niat pake e-money aja setelah ini.

  Nyasar gue gak cuman berenti sampe situ. Gue yang gak tau ke Museum Fatahillah kemana, harus nanya ibu-ibu jualan di luar stasiun. Gue nyebrang gitukan yang ke jalan bawah tanah itu, dan busett gue kaget banget ada taman dibawah jalan se-semrawut Jakarta men! keceh nih arsiteknya. Akhirnya gue keluar di museum bank mandiri terus jalan sampe Museum Fatahillah, sempet nanya sama tukang ojek juga yang di deketnya ada preman, dan gue sempet diliatin juga sama preman itu, tapi bodo amat, selama gaya kita gak keliatan takut, cuek aja.

Museum Bank Mandiri dari tempat persembunyian 


  Sampe di Museum Fatahillah, ceritanya Aul lapar. Aul ngecek dompet, sihh lahh! mana cukup dengan duit receh begini gue beli makan berat. Lupa gue buat ngambil uang cash tadi pas top up. Jadilah gue cari ATM dan ketika ketemu ATM malah rusak atmnya. Gue sangsi kafe-kafe yang disitu bisa nerima debit, akhirnya gue cuman bisa melupakan rasa lapar tadi dengan shooting di tengah panas. Sendirian.



   Puas shooting, gue mutusin untuk balik naik Transjakarta sesuai rencana awal. Gue jalan kaki, dari museum ke halte Transjakarta terdekat. Pelenya gue, gue gak tau pintu masuk haltenya dimana jadilah gue berada di tengah jalan padet gitu mobil seliweran di kiri gue, bus transjakarta di kanan gue. Bayangan gue cuman tweetnya mas Ben di Twitter Agrica soal orang yang ketabrak Transjakarta, ya Allah amit-amit deh. Sampai akhirnya ada pedagang asongan gitu nanyain gue mau kemana (bingung juga doi kali ya ngeliatin gue ada ditengah jalan begitu). Akhirnya gue jawab mau naik Transjakarta, dan doi jawab buat gue turun ke jalan bawah tanah tadi terus ditengah-tengahnya ada jalan ke atas. Dan jadilah gue nyebrang lagi buat turun ke bawah dan naik tepat di samping taman itu dan nyampe! *bernapas lega*

  Gue sampe di gate masuk. Gue keluarin e-toll gue, dan gue tempelin di gate masuk sambil harap-harap cemas dan BISA DALAM SATU KALI COBA!! ya ampun!! lope-lope di udara buat Transjakarta. Gue naik dengan tujuan akhir blok M terus gue turun di Ratu Plaza, nunggu sekitar satu jam, terus naik Transbintaro, terus dijemput supir gue dan nyokap di BXc.

  Selama perjalanan, gue ngalamin Hipoglikemi karena belum makan, dan hampir ambruk a.k.a pingsan di Transjakarta dan halte Ratuplaza. But thanks to my beloved mom, yang udah nyuruh gue bawa cookies dan air minum karena tau anaknya ini gampang banget kena Hipoglikemi. Untungnya juga gue bawa iTouch beserta earphonenya, sama novel, jadi gak berasa laper banget *bisa buat lupain lapernya*

  Gue pulang bawa banyak banget video, dan pengalaman yang okeh itu keceh banget buat gue. Gue belajar kalau dalam hidup ini yang penting maju dulu, soal mau nyasar kek, mau muter-muter dulu kek urusan belakangan, yang penting mau gerak aja dulu. Karena hidup lo akan boring banget kalau lo tetep stay di rumah, dan gak dapet video buat diedit, cerita buat ditulis tentunya. No offense sih, cuman gue ngerasa gitu.

Yup! that's it! cerita jalan-jalan gue yang sukses bikin nih kaki gempor ruarrbiyasaa sampe rasanya gak mau pergi dari nih kasur wkwkwk. Oh iya gue juga belajar satu hal dari jalan-jalan ini...


Karena yang bisa membuatmu bahagia, adalah dirimu sendiri.


See ya on the next trip~

P.S Ini pemanasan gue sebelum cau Singapore sendirian tanggal 30 besok. Setidaknya Jakarta sukses dulu lah buat gue jalanin sendirian, semoga Singapore juga ikutan sukses buat gue jalanin, amiin. Oh iya, tunggu videonya di YouTube ya, lagi ngumpulin mood buat edit nih. doain lancar.

Komentar

Postingan Populer