Dilemma (2)

AKHIRNYA WIFI NYALA LAGI!!! arrghhh finally! setelah kasus satu Karangwangkal mati lampu semua setelah dentuman petir yang subhanallaahh gede ajah yang mengakibatkan wifi kostan juga ikutan mati.

ok, gue bakal curhat lagi di sini. Tentang sebuah dilemma yang pasti dirasakan anak perantauan.

Gue ulas lagi, gue emang ngincer banget untuk kuliah di daerah terutama Jawa Tengah, alasannya karena gue merasa kalau gue pulang kampung, gue tinggal kabur (sini Kutoarjo cuman 1 jam naik kereta bung!!) , gue butuh banget belajar bahasa jawa karena masa gue orang jawa tapi gak bisa ngomong bahasa Jawa?? (gue udah ngerti sampean bilang apa cuman gak bisa ngomongnya, lah kepriwe??) , sama gue ngincer cowok-cowok Jawa tengah wkwkwkwk (abaikan yang terakhir). Dan akhirnya gue emang kuliah di Jawa Tengah.

Tapi ternyata banyak yang gue belum perhitungkan. Gue emang menatap lurus ke depan, gue pengen kuliah di Jawa supaya bisa begini, supaya begitu. Cuman waktu itu, sialnya gue gak mikirin efeknya ke rumah gue. Maksud gue, sebagai hasilnya gue jadi ketinggalan banyak sekali info tentang keadaan di rumah.

Sebagai anak Persma, gue emang dituntut untuk selalu kritis tentang keadaan kampus, dan jadi yang tau duluan tentang keadaan kampus. Dan yaaa gue sudah mencoba untuk selalu kritis tentang info-info baru. Cumannn kok jadinya, gue kritis tentang keadaan di sini tapi gue sama sekali gak kritis tentang keadaan rumah. Gue sehari di sini bagaikan ketinggalan satu putaran bumi di rumah. Banyak info-info rumah yang gue gak tau, atau bahkan gue taunya setelah udah kejadian dan itupun diceritain.

For example nyokap ikut les bahasa inggris. Di tempat gue dulu, you know lah di mana yaaa. Atas dasar apa nyokap ikut les bahasa inggris? gue gak tau. Kenapa nyokap ikut conversation class? gue gak tau. Siapa instrukturnya (karena gue kenal sebagian besar guru di situ)? gue gak tau. Kok bisa mendadak banget pengen ikut les lagi, dapet wangsit darimana kah nyokap? gue gak tau. Masuk level apakah nyokap? gue gak tau. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang gue rasa gak cukup hanya terhubung via line, telp, bahkan skype sekalipun. Gue harus pulang.

Gue harus pulang. ya, gue harus pulang. meskipun itu hanya sehari dua hari gue gak peduli, pokoknya gue harus balik, muleh kalau bahasa sini nya.

Dulu, Sebagai anak sulung gue emang jauh lebih tahu tentang masalah keluarga dibanding adek gue. Bahkan sampai pritilan-pritilannya gue tau. Tapi setelah ke sini gue malah jadi yang gak tau apa-apa. Jangan-jangan bunga matahari gue udah mati semua (emang udah mati semua sih, ternyata gue tau masalahnya di mana) , atau adek gue miara kelinci, atau bahkan udah putus dari ceweknya, atau atau cat rumah gue udah ganti semua jadi pink kaya kamar gue, who knows??

Ya, lagi-lagi gue harus balik sih emang, tapi gue juga gak bisa balik lama-lama karena tugas negara entah kenapa selalu memanggil dan gue juga punya kelemahan. Kelemahan gue adalah, kalau gue balik lama, terus terbiasa dengan suasana rumah kembali, gue pasti kena Homesick pas balik ke Purwokerto. Dan Homesick gue parah banget deh pokoknya. Cengeng memang, tapi mau gimana lagi.

Yahh akhirnya emang harus balik sih.

Someone ever told me, atau gue pernah denger dari mana… gitu. Kamu boleh pergi, cuman kamu gak boleh ketinggalan info tentang rumah, bahkan istilah kasarnya, adikmu naik tingginya 1 cm pun kamu harus tau itu kapan. Ternyata emang praktiknya susah ya.

Yah.. maybe just that, untuk kamu yang mau nyobain ngerantau buat kuliah, kamu harus memikirkan positive dan negative nya. Siap gak kamu buat ninggalin rumah? ini bukan masalah sehari dua hari kaya study tour. Ini masalah bisa gak kamu pulang nanti? gimana kalau tugas negara selalu memanggil? siap gak buat terus di kota kampus itu. Gue bukan nakut-nakutin tapi emang gitu keadaannya.


Salam Rantau


P.S Mau nulis apaan ya? lagi gak ada topik keceh sih. Oh iya! gue udah bisa bahasa Jawa di sini dikit-dikit! ngomongnya. Gue mulai membiasakan diri dengan berbicara bahasa jawa yang simple tapi untuk sehari-hari such as, Lah kepriwe?? Tapi bukannya begini mbok?? , tempe tok. Sinau bae lahh. Tapi gue inget amanatnya bu Ika sih, "Aul! kamu kuliah di Purwokerto tapi jangan sampe balik ke sini kamu jadi ngapak ya!" yahh jadi masih gue tahan-tahan gitu supaya gak terlalu ngapak lah wkwkwk.

Komentar

Postingan Populer